Profil Burning Spear

Winston Rodney lahir di Saint Ann Bay , Saint Ann , Jamaika . Sebagai seorang pemuda ia mendengarkan R & B , Jiwa dan musik Jazz ditransmisikan oleh stasiun radio AS yang mencapai siaran Jamaika. Curtis Mayfield dikutip oleh Rodney sebagai pengaruh musik utama AS bersama dengan James Brown . Rodney sangat dipengaruhi sebagai seorang pemuda dengan pandangan aktivis politik Marcus Garvey khususnya yang berkaitan dengan eksplorasi tema persatuan Afrika dan penentuan nasib sendiri . Pada tahun 1969 , Bob Marley , yang juga berasal dari Saint Ann , disarankan Rodney untuk mendekati Studio One label Coxsone Dodd setelah Rodney mencari nasihat selama percakapan santai
Burning Spear awalnya kelompok Rodney , bernama setelah penghargaan militer yang diberikan oleh Jomo Kenyatta , Perdana Menteri pertama dan Presiden dari Kenya independen,  dan termasuk penyanyi bass Rupert Willington . Duo mengikuti audisi untuk Dodd pada tahun 1969 yang menyebabkan merilis debut single mereka " Pintu Peep " ( sesi juga termasuk Cedric Brooks pada saxophone )  Mereka kemudian bergabung dengan tenor Delroy Hinds . . Trio mencatat beberapa lagi single Dodd , dan dua album , sebelum mereka pindah untuk bekerja dengan Jack Ruby pada tahun 1975 .  rekaman pertama mereka dengan Ruby , " Marcus Garvey " , dimaksudkan sebagai jalur eksklusif untuk Ruby Ocho Rios - berdasarkan sistem suara Hi -Power , tapi dirilis sebagai single , memberi mereka menjadi hit , dan diikuti oleh " Perbudakan Days " . rekaman ini menampilkan backing band The Black Disciples , yang termasuk Earl " Chinna " Smith , Valentine Chin , Robbie Shakespeare dan Leroy Wallace kelompok ini bekerja dengan Ruby di album ketiga mereka , Marcus Garvey ( 1975) , yang langsung sukses dan menyebabkan kesepakatan dengan Island Records untuk memberikan album rilis yang lebih luas . Pulau remix dan mengubah kecepatan beberapa track , banyak gangguan dari fans dan kelompok ,  memimpin Rodney untuk mendirikan Pembakaran sendiri Musik  label untuk rilis di masa depan di mana ia akan memiliki kontrol penuh , meskipun rilis selanjutnya diikuti di pulau termasuk menjuluki album ( Ghost Garvey ) dan Manusia di album Hills . pada akhir tahun 1976 , Rodney berpisah dari kedua Ruby dan anggota kelompok Willington dan Hinds , dan sejak saat itu menggunakan nama Burning Spear untuk dirinya sendiri . Kering dan berat diikuti pada tahun 1977 , produksi sendiri tapi masih di pulau , dan dengan cukup besar berikut sekarang di Inggris , ia tampil di London tahun itu dengan anggota Aswad bertindak sebagai backing band untuk terjual habis menunjukkan di Teater Rainbow , yang direkam dan dirilis sebagai live! .  Aswad juga memberikan dukungan pada album studio berikutnya , Hidup Sosial ( 1978 ) , yang juga menampilkan Sly Dunbar dan Rico Rodriguez . Sebuah versi dub album , Hidup Dub ( 1979) , dicampur oleh Sylvan Morris .profilnya dibesarkan lebih lanjut oleh sebuah penampilan di Rockers film melakukan " Jah no Mati " .
Pada tahun 1980 , Rodney meninggalkan Island Records dan mengatur Burning Music Production Company,  yang ia menandatangani kontrak dengan EMI ,  memulai debutnya pada label dengan Hail HIM , direkam di studio Tuff Gong Marley dan co - diproduksi oleh Aston Barrett  sebuah Sylvan Morris menjuluki versi diikuti dalam bentuk Hidup Dub Volume Two .  pada tahun 1982 , Rodney ditandatangani dengan Heartbeat Rekaman dengan serangkaian album diterima dengan baik mengikuti , termasuk 1.985 Resistance nominasi Grammy . .  Ia kembali ke Pulau di awal 1990-an , merilis dua album sebelum bergabung kembali Heartbeat . Pengaturan ini di mana Pembakaran Musik Productions disampaikan album selesai musik untuk EMI , Pulau dan Heartbeat Records untuk distribusi di seluruh dunia berlangsung selama bertahun-tahun . Ketika detak jantung berhenti merilis materi baru , Membakar Musik mengambil masalah ke tangan mereka sendiri dan mulai merilis musik hanya melalui jejak mereka sendiri  Album dirilis oleh Heartbeat melalui kesepakatan dengan Pembakaran Musik meliputi: Dunia Harus Tahu ( 1993) , Rasta . Bisnis ( 1995) , dengan Pengangkatan Mulia ( 1997) dan memenangkan Grammy Calling Rastafari (1999 ) yang merupakan album terakhir yang akan diselesaikan hanya ditekan oleh label luar penghargaan .
Burning Spear menghabiskan puluhan tahun tur ekstensif , dan beberapa album live telah dikeluarkan termasuk Tombak Pembakaran Tinggal , Tinggal di Paris , Live di Afrika Selatan , Tinggal di Vermont , Perdamaian dan Cinta Live , Live at Montreux Jazz Festival dan ( A ) hidup 1997 .  Seperti tahun-tahun berlalu , Membakar musik Spear itu terus gelisah tumbuh dan berkembang . Touring waktu dunia dan waktu lagi , suara live band matang dan tumbuh lebih canggih . Sambil tetap berakar kuat dalam reggae , aksen free jazz , funk dan musik psychedelic yang semakin dalam bukti dan membuat kelompok kekuatan musik yang harus diperhitungkan .
Albumnya 1999 , Calling Rastafari membawa Grammy Award pertamanya pada tahun 2000 ,  suatu prestasi yang ia mengulangi dengan Jah Is Real pada tahun 2009 .
Pada tahun 1980 , Rodney mendirikan perusahaan Pembakaran Music Production , menangani pemesanan sendiri , dan pada tahun 2002 , ia dan istrinya , Sonia Rodney yang telah menghasilkan sejumlah album nya , restart Membakar Music Records , memberinya tingkat yang lebih besar kontrol artistik .  Sejak pertengahan 1990-an , ia telah berbasis di Queens , New York .
Burning Spear dianugerahi Order of Distinction di peringkat Petugas pada 15 Oktober 2007.
Album studio 2008 nya , Jah adalah Real menang Grammy Award pada tahun 2009 untuk album reggae terbaik. Itu adalah ketiga sepenuhnya diproduksi sendiri dan mandiri CD dirilis pada label Music Burning. Kedua CD sebelumnya adalah Grammy nominasi Freeman dari tahun 2003 dan Our Music yang dirilis pada tahun 2005 untuk pujian kritis .
Sejak mendirikan label mereka sendiri , Winston dan Sonia Rodney telah merilis hampir empat puluh single , CD, DVD dan album vinil pada Pembakaran Musik membekas.  Banyak dari album ini telah deluxe edisi album sebelumnya tersedia pada label lain dan sering termasuk bonus trek dan rekaman DVD . dengan cara ini , Membakar musik mampu menjamin kualitas Tombak musik Pembakaran tersedia di pasar dan menjamin bahwa musik dari semua fase Membakar karir Spear ini yang tersedia untuk para pendengarnya untuk mendengar .
Burning Spear baru saja menyelesaikan CD baru ada Destroyer yang akan segera dirilis pada Pembakaran Musik Imprint .
Winston dan Sonia Rodney telah menembak , mengedit, dan menyusun sebuah film dokumenter tentang kehidupan , musik, dan pengaruh Burning Spear selama beberapa tahun sekarang  Ketika ditanya tentang kapan akan selesai, Winston Rodney mengaku berada di . tidak terburu-buru , dan meyakinkan penggemarnya bahwa film ini akan dirilis 'ketika waktunya tepat . "

0 komentar: