Review : FIRST BLOOD – Killafornia

Aku pikir bukan hal yang mengherankan kalau kemudian FIRST BLOOD mampu merilis satu album hardcore yang membuat hardcore kids merasa puas meskipun ini adalah album debut mereka sejak dibentuk lima tahun lalu. Band vegan/straight edge hardcore ini berasal dari San Francisco, Amerika dengan diprakarsai oleh Carl Schwartz (vokal) yang dulunya adalah bassist di band TERROR dan SWORN VENGEANCE, Kyle Dixon (gitar/ex- ALCATRZ/EMBRACE THE END), Manuel Peralez (bassist/ex-ALCATRAZ/SET YOUR GOALS) dan Brandon Thomas (drum).

Bersama TERROR, Carl Schwartz terlibat dalam dua album penuh yakni “Lowest of the Low” di tahun 2003 dan di tahun 2004 dengan “One With The Underdogs“.

Sedangkan “Killafornia” ini sendiri secara keseluruhan adalah rilisan ketiga FIRST BLOOD dimana sebelumnya mereka telah merilis demo berisi lima lagu di tahun 2003 yang diedarkan oleh Division 36 Records serta satu split EP bersama BLACKLISTED yang diedarkan Deathwish Inc di tahun 2005.

Di kalangan pecinta musik hardcore, jelas nama TERROR bukan nama band yang asing karena TERROR sendiri adalah salah satu jagoan di scene hardcore internasional. Dan jika kalian adalah penggemar berat HATEBREED dengan ingin merasakan musik paduan antara band Jamey Jasta cs dengan TERROR, maka FIRST BLOOD adalah jawaban utama dari keinginan kalian tersebut.

Album “Killafornia” berisi sebelas lagu termasuk satu instrumental untuk ‘Armageddon’ dan hampir semua lagu cukup asyik untuk didengar serta dinikmati, terutama ‘Conspiracy’. Ini adalah lagu yang aku pikir cukup pantas dijadikan jagoan dari album ini. Dan FIRST BLOOD seperti kebanyakan band newschool hardcore umumnya, menawarkan musik dengan paduan breakdown, riff gitar yang berat serta beberapa bagian sing-a-long.

Bagi aku, ini adalah rilisan hebat Trustkill di tahun 2006 dengan sound yang proffesional dan karakteristik hardcore yang cukup kental. Dan “Killafornia” seakan menjadi penyempurnaan dari rilisan lama mereka sendiri karena lagu-lagu seperti ‘Suffocate’, ‘Unbroken’ dan ‘Victim’ adalah nomor-nomor lama mereka yang pernah dirilis ketika mengeluarkan demo namun kini direkam kembali dengan kualitas sound dan rekaman yang lebih oke.

FIRST BLOOD sangat direkomendasikan bila kalian adalah penggemar berat metallic hardcore ataupun jika kalian adalah fans untuk HATEBREED, EARTH CRISIS, TERROR.

0 komentar: