Profil Jimmy Cliff

(lahir 1 April 1948) adalah musikus reggae Jamaika. Cliff merupakan bintang musik reggae pertama dan salah satu yang terbesar dalam menyebarkan musik Jamaika berbagai belahan dunia. Sejak tahun 1969, dia mulai berkarya dikenal melalui lagu berjudul Wonderful World, Beautiful People yang mencapai posisi keenam di Inggris dan ke-25 di AS. Pada tahun 1970-an, kariernya semakin menanjak dengan albumnya yang berjudul The Harder They Come.

Selain mengarang dan menyanyikan lagu, Jimmy cliff juga bermain dalam film The Harder They Come yang sukses di Jamaika.Pada tahun 1985, dia juga muncul dalam komedi Club Paradise yang dibintangi Robin Williams.Pada tahun 2003, Cliff menerima penghargaan Order of Merit (OM)dari pemerintah Jamaika atas kontribusinya di bidang perfilman dan musik.



Terlahir dengan nama James Chambers, Jimmy Cliff merubah namanya berdasarkan tebing (cliff) yang terdapat di Adelphi Land. Tempat tersebut merupakan puncak tertinggi yang dia ketahui saat masih kecil.Dia menyelesaikan pendidikan dasarnya di Somerton dan kemudian melanjutkan studinya di sekolah teknik Kingston, yang terletak di ibukota Jamaica Kingston.  Cliff menyadari keunikan suara yang dimilikinya sejak bernyanyi di gereja Pantekosta.

0 komentar: