Mushroomhead Vs Slipknot, Lebih Cadas Mana?

Bila mengamati perkembangan musik metal pada akhir 90an, maka Anda pasti kenal dengan kiprah dari dua band cadas asal Amerika Serikat ini, Mushroom Head dan Slipknot.

Ya! Sama-sama menggunakan topeng super seram saat beraksi 'menghancurkan' panggung, kedua band ini pun sukses mendunia lewat jumlah fans yang bisa dibilang sangat besar, terutama di Eropa.

Berikut ringkasannya:

---
1. Slipknot
Slipknot terbentuk pada 1995 silam di Des Moines, Iowa. Lahir lewat tangan dingin Shawn Crahan dan Mendiang Paul Gray, band yang kerap menamai karakter mereka dengan urutan angka ini pun menjelma menjadi salah satu band metal yang paling ditakuti di dunia.

Hebatnya, berbeda dengan band yang kebanyakan beranggotakan tiga sampai tujuh personel, Slipknot justru menggebrak dengan 10 anggota tetapnya yakni:

Corey Taylor (Vokal)
Mick Thomson (Gitar 1)
Jim Root (Gitar 2)
R.I.P Paul Gray (Bass)
Craig Jones (Keyboardis)
Shawn Crahan (Perkusionis)
Chris Fehn (Perkusionis 2)
Sid Wilson (DJ)
Joey Jordison (Drum)

Memasuki pertengahan karir, Paul Gray yang merupakan founding father dari band ini harus pergi untuk selama-lamanya akibat over dosis. Menghormati kepergian sang bassis mereka, masing-masing dari personel band pun sepakat untuk tidak mengganti posisi Paul dengan kehadiran orang lain.

"Dia adalah tipe orang yang ingin semua personel untuk selalu akur dan berkonsentrasi pada band.

Untuk itu, kami selalu mengartikan dia sebagai orang yang besar, dan dunia akan menjadi tempat yang berbeda tanpanya. " ucap Shawn saat mengomentari kepergian sahabatnya.

"Energi Paul selalu ada bersama kami. Jadi tak perlu ada orang baru untuk menggantikannya." tutur para personel lainnya.

Hingga saat ini, Slipknot tercatat telah mengeluarkan 1 album indie dan 4 buah album major label yang kesemuanya laris manis di pasaran.

Meski belum berencana untuk mengeluarkan album terbaru, namun konser-konser yang mereka adakan selalu dipenuhi jutaan fansnya yang diberi nama 'Maggots'.

Tentang ini, Corey selaku sang vokalis pun sempat memberikan pernyataan mengenai betapa pentingnya arti tur bagi mereka. "Tur adalah salah satu cara untuk bertemu dengan jutaan maggots yang tersebar di seluruh dunia. Jika tak ada tur, mungkin band ini akan tamat." tulis Corey pada suatu waktu.

---

2. Mushroomhead
Bila Anda mengira Mushroomhead baru lahir setelah Slipknot berkibar, maka Anda salah besar. Pasalnya, berbeda dengan yang dikira orang selama ini, Mushroomhead justru merupakan senior dari band tersebut.

Lahir pada 1993 silam di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat. Band yang beranggotakan Jeffrey Nothing, Shmotz, Skinny, ST1TCH, Waylon, Church, dan Dr. F ini sukses mencatatkan 2 juta kopi lewat penjualan 7 albumnya di seluruh dunia.

Uniknya, akibat memiliki penampilan yang nyaris serupa saat beraksi di atas panggung, mereka pun kerap melakukan aksi saling sindir hingga berlanjut di diri fans mereka. Hal ini sempat membesar dan menjadi perbincangan tersendiri di Industri musik metal.

Di hari kepergian Paul Gray, Mushroomhead akhirnya memutuskan untuk menghentikan aksi saling ejek ini. Tak hanya itu saja, mereka juga mengajak para fansnya untuk memberi penghormatan terakhir kepada mantan rivalnya tersebut.

"Selamat jalan Paul Gray, perseteruan ini harus berakhir. Ayo serukan cinta dan rasa hormat terhadap orang-orang di Slipknot." tulis Mushroomhead melalui situs mereka.

Alhasil, atas deklarasi tersebut. Mereka pun sepakat berdamai. Bahkan, pada 2012 silam, Corey Taylor pun sempat membuat wacana untuk mengadakan tur bersama hingga menarik ribuan orang untuk membuat petisi dan berharap hal itu akan benar-benar terjadi.

0 komentar: